Minggu, 30 November 2014

Pengertian Operation Research

Pengertian Operation Research - Operation Reserach adalah suatu penelitian yang dilakukan seseorang yang bekerja mengenai apa yang sedang ia laksanakan tanpa mengubah sistem pelaksanaannya. Sebetulnya antara operation reseacrh dengan action research tidaklah sama persis. Operation research menunjuk pada kegiatan yang sedang berlangsung, yakni bahwa penelitian yang dilakukan bukan menciptakan yang baru semata, tetapi menempel pada suatu kegiatan yang sedang berlangsung. Action research menunjuk pada action, artinya tindakan. Dalam penelitian tindakan ini, peneliti melakukan sesuatu tindakan, eksperimen, yang secara khusus diamati terus menerus, dilihat plus-minusnya, kemudian diadakan pengubahan terkontrol sampai pada upaya maksimal dalam bentuk tindakan yang paling tepat.

Operation research

Contoh:
Seorang guru ingin memperbaiki cara mengajarkan suatu topik. Ia menuliskan hasil penelitiannya  sambil terus mencoba lagi cara lain. Apabila cara yang dicobanya membawa hasil yang lebih baik, guru tersebut merasa puas. Tahun berikutnya ia mungkin memanntapkan cara tersebut, tetapi mungkin juga mencoba cara lain lagi yang menurut pikirannya akan memberikan hasil yang lebih baik.

Cara ini ada baiknya karena cara kerja guru ini tidak terganggu, tidak ada perubahan situasi, dan yang jelas hasilnya dapat langsung digunakan.

 

Ad Placement